SPARTAN (on fire)

Prinsip Desain Grafis

Konsep Desain Grafis | Manfaat Desain Grafis | 7 Elemen Desain Grafis | Prinsip Desain Grafis

 

Menurut Suyanto :

Desain grafis adalah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri

Menurut Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ :

Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini sehingga menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat

Menurut Danton Sihombing :

Desain grafis adalah mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol uraian verbal yang divisualisasikan melalui tipografi dan gambar, baik dengan tekhnik fotografi ataupun ilustrasi

Menurut Michael Kroeger :

Komunikasi visual adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk garis dan penjajaran

Dari pengertian yang ada dapat disimpulkan bahwa Tujuan dari desain grafis adalah menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat dan menciptakan desain yang memaksa kehendak pengirim pesan, atau bersifat menyenangkan yang akan menyempurkana pesan yang akan disampaikan


Manfaat yang akan dijabarkan dibawah ini adalah manfaat desain grafis pada bidang pendidikan

  1. Mempercepat proses belajar mengajar dengan cara menyajikan suatu pelajajaran dalam bentuk grafis
  2. Untuk memperkenalkan dunia desain grafis kepada siswa sehingga siswa mampu mengimplementasikannya di dalam lingkungannya
  3. Untuk memperkenalkan kepada siswa tentang program aplikasi desain grafis
  4. Untuk mempersiapkan siswa agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampaikan dalam bentuk grafis  

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi 5 kategori yaitu ;

  1. Printing (percetakan): yang memuat desain buku, majalah poster, booklet, pamflet, leaflet, Flyer, periklanan
  2. Web Desain : yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan konsep dasar pembuatan desain untuk halaman web
  3. Film : Termasuk CD, VCD, DVD serta CD multimedia yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti promosi bisnis dan media pembelajaran interaktif 
  4. Indentifikasi (Logo), EDP (Environmental Grapich Desain) : Merupakan desain profesional yang mencakup desain arsitek, desain industri dan arsitek taman
  5. Desain Produk : Pemaketan  

7 Elemen desan grafis

1. Garis (Line) 

 Didefinisikan sebagai titik yang bergerak dan merupakan tanda yang dibuat oleh alat untuk menggambar seperti pensil, ballpoint, pointed brush, keyboard atau mouse
  

   Pada elemen garis ini terdapat 3 kategori garis yaitu :

  1. Tipe garis, Merupakan arah garis yang mengacu pada gerakan garis dari awal sampai akhir, Tipe garis dapat berupa garis lurus, lengkung ataupun siku-siku.
  2. Arah garis, Menggambarkan hubungan antara garis dengan halaman. Arah garis ini berupa garis Horizontal, vertikal dan diagonal
  3. Kualitas garis, mengacu kepada bagaimana garis itu digambarkan. Kualitas garis dapat berupa garis tegas, patah-patah, tebal, tipis, tetap dan berubah-ubah

2. Bentuk (shape)

Merupakan gambaran umum sesuatu atau formasi atau jalur yang tertutup, seperti lingkaran, elips, silinder, piramid atau kubus.

   Berdasarkan sifatnya bentuk dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Huruf (Character),
  2. Simbol
  3. Bentuk nyata (Form)

3. Warna

Merupakan kesan yang diperoleh oleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Disebabkan karena cahaya memiliki spektrum warna maka manusia dapat mengenali warna. Panjang gelombang spektrum warna yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah 400 nanometer hingga 700 nanometer, sedangkan diatas 700 nanometer disebut dengan inframerah dan yang dibawah 400 nanometer disebut dengan sinar ultraviolet, sinar X dan sinar Gamma

4. Contras nilai  

Hubungan antara elemen yang satu dengan elemen yang lain yang berhubungan dengan kecerahan dan kegelapan sehingga memberikan citra dan persepsi secara rinci untuk membaca kata atau tulisan pada layar.

5. Tekstur 

Merupakan kualitas permukaan, papan, kertas atau halaman elektranik.
    Tekstur dibagi menjadi dua;
  1.    Tekstur tactile : tekstur nyata dimana kita bisa merasakan permukaannya dengan jari kita
  2.    Tekstur visual : adalah tekstur ilusi yang memberikan impresi yang sederhana dari tekstur nyata

6. Merancang Format

Format terdiri atas ukuran dan ilustrasi, iklan dengan ukuran besar akan lebih banyak menarik perhatian dibandingkan dengan iklan yang ukrannya lebih kecil. Sedangkan ilustrasi terdiri dari ilustrasi gambar bermakna, hubungan tanda dan simbol

7. Ruang (Space)  

Merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk yang lainnya

 

Prinsip Dasar Desain Grafis

  1. Kesederhanaan atau proporsional (proportion) : dilakukan demi kepentingan dan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Desainer grafis sering menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid)‏
  2. Keseimbangan (Balance) : Adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan  dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual
  3. Kesatuan (Unity) : adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.
  4. Penekanan(Emphasis) : dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
  5. Repetisi(Rhythm) : Merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni

Mengenal Bitmap

Gambar bitmap sering disebut juga dengan gambar raster yang merupakan kumpulan kotak-kotak kecil (pixel). Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi warna dan bayangan dari sebuah gambar.
Apabila dilakukan pembesaran ukuran gambar dengan resolusi kecil, maka gambar akan kehilangan detail dan akan terlihat kotak-kotak pixel yang berunduk

 Kelebihan dan Kelemahan  Bitmap

  • Pecah saat diperbesar
  • Gradasi warna lebih luwes dan nyata
  • Bersifat Resolution Dependent
  • Nyaman dipakai untuk gambar dengan efek bayangan yang halus

 

Mengenal Vektor

Gambar bertipe vektor terbentuk dari garis dan kurva hasil dari perhitungan matematis dari beberapa titik, sehingga membentuk suatu objek gambar.
Tampilan gambar vektor, walaupun bersifat relatif lebih kaku dari pada tampilan bitmap, kualitasnya tidak bergantung kepada resolusi gambar.

Kelebihan dan Kelemahan Vektor

  • Tetap Utuh apabila gambar diperbesar
  • Bersifat resolution independent
  • Menyimpan gambar sesuai dengan software
  • Gradasi warna harus diolah sendiri

Kategori Desain Grafis

  • PRINTING : buku, majalah, poster
  • WEB DESAIN : halaman web
  • FILM : CD, DVD, Video klip, cd multimedia
  • Identifikasi (logo), EGD
  • Desain Produk

Aplikasi Pengolah Tata Letak

  1. Adobe FrameMaker
  2. Adobe In design
  3. Adobe Page maker
  4. Corel Ventura

Aplikasi pengolah Vektor

  1. Adobe ilustrator
  2. Beneba canvas
  3. CorelDraw
  4. Macromedia Freehand

Aplikasi Pengolah Pixel

  1. Adobe Photoshop
  2. Corel Photo Paint
  3. Macromedia Xres
  4. Metacreations Painter
  5. Metacreation Live picture
  6. Micrografx Picture Publisher
  7. Micrososoft Photo Editor

Aplikasi Pengolah Video

  1. Adobe after Effect
  2. Adobe Premiere
  3. Power Director
  4. Show Biz DVD
  5. Ulead Video Studio
  6. Pinnacle Studio Plus

Aplikasi Pengolah Multimedia

  1. Macromedia Director
  2. Macromedia Flash
  3. Multimedia Builder

Demikian Artikel desain grafis, terimakasih atas kunjungannya.









0 Response to "Prinsip Desain Grafis"

Posting Komentar

wdcfawqafwef